Sat, April 27, 2024

Ciri Ciri Diabetes Serta Penyebab Gejalanya

Ciri Ciri Diabetes

Diabetes menjadi penyakit yang sering diidap masyarakat Indonesia dan menjadi jenis penyakit yang berpotensi besar menyebabkan komplikasi. Penyakit yang satu ini disebabkan karena kelainan sistem insulin yang berkaitan dengan penyerapan glukosa dalam tubuh. Diabetes bisa menyebabkan komplikasi pada organ tubuh lainnya. Seperti jantung, bahkan penglihatan dan amputasi organ tubuh karena luka yang tidak kunjung sembuh.

Penyakit berbahaya ini bahkan diketahui ketika sudah dalam kondisi kronis, karena ciri – cirinya terbilang sulit untuk dikenali. Namun anda mesti melakukan beberapa langkah pencegahan penyakit diabetes ini dengan mengenali apa saja ciri – cirinya serta penyebab penyakit yang kerap menyerang pada usia 20 tahun keatas. Nah, dibawah ini adalah ulasannya untuk penyebab diabetes serta ciri – ciri dan gejalanya yang bisa anda kenali dan ketahui secara lengkap.

Ciri-Ciri Diabetes dan Penyebabnya

Penyebab Diabetes

1. Kegemukan

Kegemukan menjadi faktor yang erat kaitannya dengan diabetes. Lemak yang tertimbun dalam tubuh sangat berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi serta hormon insulin akan bekerja keras menyerap glukosa dalam darah anda. maka dari itu sebaiknya jika berat badan sudah berlebih, ada baiknya untuk segera melakukan diet sehat.

1. Makanan mengandung gula

Penyakit diabetes bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebih. Gula buatan yang ada dalam minuman cepat saji dan kemasan membuat tubuh lebih cepat menyerap glukosa sehingga hormon insulin tidak bekerja secara maksimal yang menyebabkan kelainan kinerja hormon insulin.

1. Keturunan

Faktor keturunan menjadi faktor lainnya yang bisa menyebabkan diabetes. Faktor keturunan memang tidak bisa dihindari. Jika ayah mengalami diabetes maka kemungkinan besar buah hatinya memiliki potensi penyakit serupa, yang memerlukan pencegahan lebih dini.

Ciri – Ciri Diabetes

1. Berat badan semakin turun

Penurunan berat badan yang signifikan ada baiknya segera ditelurusi penyebabnya, karena bisa jadi menjadi sinyal adanya diabetes. Hal ini dikarenakan badan akan sulit menyerap nutrisi terutama glukosa sehinga berat badan menurun.

1. Meningkatnya nafsu makan

Berat badan yang semakin turun biasanya akan dibarengi dengan meningkatnya nafsu makan. Nafsu makan yang meningkat merupakan adaptasi agar sel tubuh bisa bekerja dengan baik sehingga memerlukan banyak asupan glukosa. Namun demikian, makanan tidak dicerna dan diserap secara baik pada tubuh anda.

1. Gangguan penglihatan

Ini merupakan ciri lainnya dari penyakit diabetes. Gangguan penglihatan menjadi sinyal dari diabetes tipe 2 karena kadar glukosa yang semakin meningkat. Hal ini akan menjadikan cairan yang masuk dari pembuluh mata akan terbatasi sehingga menyebabkan gangguan penglihatan.

1. Sering kesemutan

Ciri orang terkena diabetes lainnya sering mengalami kesemutan atau mati rasa. Gejala ini merupakan awal terkena diabetes yang mesti diwaspadai karena sudah merambah kepada kerusakan serabut syaraf pada area kaki, tangan dan jari.

Demikian ulasan untuk ciri khas dan penyebab diabetes. Sebaiknya cegah sedari dini penyakit tersebut, agar kesehatan tubuh untuk menghindari penyakit berbahaya ini.