Sat, February 24, 2024

Bagaimana Cara Kerja Panel Listrik Tenaga Surya?

Cara Kerja Panel Listrik Tenaga Surya

Panel listrik tenaga surya sudah umum digunakan di kalangan masyarakat kita. Penggunaannya bisa untuk skala rumahan atau perkantoran. Adanya alat ini cukup membantu menghemat pengeluaran listrik, biasanya untuk alat elektronik tertentu.

Pernahkah kamu berpikir tentang bagaimana cara kerja panel listrik tenaga surya tersebut? Mengetahui cara kerjanya akan membuatmu paham konsep dari penciptaannya. Lebih lanjut mungkin bisa dijadikan inspirasi atau pembelajaran untukmu agar wawasanmu menjadi lebih luas. Informasi selengkapnya mengenai cara kerja panel pembangkit listrik tenaga surya bisa kalian simak di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja Panel Listrik Tenaga Surya?

Seperti yang kita tahu, tarif dasar listrik semakin tahun terus meningkat bahkan tidak terkendali. Hal ini terjadi dikarenakan terjadinya peningkatan harga bahan bakar yang digunakan untuk pembangkit listrik konvensional. Meningkatnya tarif listrik tentunya juga akan membuat pengeluaran bulanan semakin membengkak.

Salah satu alternatif untuk menekan biaya bulanan listrik tersebut adalah dengan penggunaan panel listrik tenaga surya. Di toko online maupun offline, saat ini sudah ada banyak merek panel tenaga surya yang dijual dengan harga bervariasi. Meskipun demikian, fungsinya tetap sama yakni sebagai pembangkit listrik alternatif di rumah maupun kantor.

Panel surya sendiri merupakan alat khusus yang dapat mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Pengoversian energi cahaya matahari menjadi energi listrik ini dilakukan dengan teknologi fotovoltaik yang disematkan di dalam panel surya.

Mungkin kamu penasaran dengan bagaimana cara kerja panel listrik tenaga surya tersebut. Berikut ini penjelasan selengkapnya, yakni:

  1. Panel surya akan menerima energi cahaya matahari secara langsung.
  2. Menggunakan teknologi fotovoltaik, panel surya akan merubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
  3. Pada kondisi ini energi listrik hasil konversi dari energi cahaya matahari masih berupa Arus Searah atau DC.
  4. Kemudian ada tugas dari Inverter di panel surya yang dapat mengubah listrik Arus Searah (DC) menjadi listrik Arus Bolak-Balik (AC).
  5. Energi listri dengan Arus Bolak-Balik (AC) tersebut siap digunakan dan dialirkan ke peralatan elektronik milikmu.

Arus listrik AC hasil dari panel listrik tenaga surya ini memungkinkan untuk kamu gunakan pada semua peralatan elektronik di rumah. Mulai dari kipas angin, lampu, komputer, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan panel surya ini untuk mengisikan daya baterai pada ponsel, sepeda listrik, motor dan mobil listrik dan lain sebagainya. Diharapkan dengan penggunaan panel surya ini dapat meminimalisir penggunaan listrik konvensional dari meteran, sehingga pengeluaran bulanan akan berkurang pula. Dan yang menarik lagi, menggunakan panel surya bisa menjadi langkah kecil untuk menjaga bumi karena penggunaannya yang ramah lingkungan.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemasangan Panel Surya

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika kamu ingin memasang panel surya di rumah maupun kantor. Hal yang pertama adalah pemilihan produk panel surya yang ingin kamu beli dan gunakan. Pastikan kamu membeli produk panel surya dari brand atau merek yang terpercaya. Baca review pembeli sebelumnya dan pahami fitur-fitur yang disematkan di dalamnya.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan lokasi untuk pemasangan panel tenaga surya. Disarankan untuk menaruh panel listrik tenaga surya tersebut di atap rumah agar cahaya matahari yang didapat lebih maksimal. Selain itu, pastikan lokasi pemasangan panel surya tidak turtutup oleh bayangan pohon atau bangunan di sekitarnya.

Itulah tadi informasi mengenai bagaimana cara kerja panel listrik tenaga surya yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.