Tue, April 30, 2024

Manfaat Mobil Listrik yang Perlu Anda Tahu

manfaat mobil listrik

Manfaat mobil listrik tentu berbeda dengan jenis mobil lainnya. Mobil listrik sepertinya akan menjadi pilihan transportasi utama suatu saat nanti. Namun, masih ada banyak orang yang belum mengetahui kelebihan mobil listrik ini.

Hal ini karena menjadi suatu hal yang bisa dimaklumi. Mengingat bahwa mobil listrik termasuk barang baru di Indonesia. Pada tahun 2022 ini untuk jumlah pilihan produk kendaraan ini masih jauh lebih sedikit.

Tentunya berbeda dengan mobil mesin pembakaran internal.

Ketahui Beberapa Manfaat Mobil Listrik

Penggunaan mobil listrik memang memberikan banyak manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya.

Ramah Lingkungan

Penggunaan mobil listrik ini dianggap sebagai kendaraan ramah lingkungan. Hal tersebut karena mekanisme laju kendaraanya diproses dengan menggunakan daya listrik. Tentu saja tidak menghasilkan residu emisi berupa Co2 dan Co.

Berbeda dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel, untuk sisa pembakarannya bisa mencemari udara.

Memiliki Torsi Instan

Sebaiknya Anda tidak menganggap remeh performa kendaraan mobil listrik. Salah satu karakter yang diberikannya yakni mesin dengan torsi puncak langsung tersedia saat menginjak pedal akselerator.

Sehingga mobil listrik akan terasa sangat lincah dan gesit, apalagi saat digunakan pada situasi stop and go. Tentunya berbeda dengan karakter mobil mesin pembakaran internal. Sebab, torsi puncak baru tersedia pada putaran mesin tertentu.

Biaya Perawatan Hemat

Kelebihan ini tentunya tidak bisa didapatkan dari mobil berbahan bakar bensin. Manfaat mobil listrik yang lebih menghemat biaya dalam hal perawatan kendaraan. Anda tidak perlu repot untuk melakukan ganti oli rutin, mengganti busi, mengganti koil, dan mengganti air radiator.

Bahkan Anda juga tidak repot untuk keluar mengisi BBM. Kata masjuanda.com untuk melakukan servis rutin mobil listrik hanya pada pemeriksaan mekanis, rotasi ban, termasuk spooring dan balancing. Selain itu, penggantian filter udara kabin, bilah wiper, serta pengisian cairan washer.

Kabin Senyap

Apabila Anda menggunakan mobil dengan penggerak listrik, tentu akan menikmati kenyamanan saat berkendara. Sebab, keunggulan mobil ini menggunakan mesin dan bahan bakar yang lebih senyap. Oleh karena itu, penggunanya bisa mengemudi dengan nyaman tanpa adanya suara yang bising.

Namun, hal berbeda akan Anda rasakan pada mobil konvensional, khususnya mobil dengan mesin diesel. Kinerja mesinnya akan lebih berisik dan mengeluarkan emisi yang banyak. Tentu saja dari segi kenyamanan, memilih mobil listrik yang jauh lebih unggul daripada jenis mobil konvensional.

Harganya Tidak Menguras Kantong

Banyak orang yang menginginkan mobil keluarga murah dan ramah lingkungan. Solusi yang bisa dipilih yakni dengan membeli mobil listrik.

Memilih mobil listrik ini yang memiliki biaya pemakaian jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan mobil BBM. Mobil listrik menggunakan mesin yang jauh lebih efisien. Anda bisa mendapatkan manfaat mobil listrik karena tidak menghabiskan biaya terlalu besar.

Hanya Memerlukan Isi Baterai

Apabila memilih mobil listrik, Anda akan mendapatkan kemudahan dalam segi bahan bakar. Anda tidak perlu lagi mengantri di pom bensin untuk membeli bahan bakarnya. Hal ini karena Anda hanya membutuhkan listrik.

Perlu diketahui bahwa energi mobil ini cukup rendah. Apabila melakukan pengisian baterai selama beberapa menit saja, Anda bisa melakukan perjalanan hingga 80 km. Tentu saja dengan memilih mobil ini akan lebih menghemat biaya dan efisien.

Apabila telah mengetahui manfaat mobil listrik, Anda bisa memiliki mobil impian yang terjangkau. Selain itu, kendaraan ini juga lebih ramah lingkungan. Pastinya Anda bisa menikmati kenyamanan selama berkendara. Bahkan mobil ini tidak membutuhkan sistem pembuangan dan lebih efisien.